Anugrah Chaerullah (H. Irul), Caleg Dapil I Kota Cilegon; Anak Muda yang Pilih Total di Politik

SEMANGAT muda dan panggilan hati untuk mengabdi kepada masyarakat sepenuhnya menjadi pilihan Anugrah Chaerullah untuk menceburkan diri masuk dunia politik. Chaerullah yang tercatat sebagai Caleg Nomor 1 Dapil 1 Kota Cilegon (Cilegon-Cibeber) Partai Amanat Nasional (PAN) ini, bahkan harus rela meninggalkan zona nyaman sebagai salah satu pegawai di Lingkungan Pemkot Cilegon. Kontestasi Pileg 2019 adalah pengalaman sekaligus tantangan pertamanya untuk membuktikan awal kiprahnya sebagai calon wakil rakyat.

Kata pria yang dikenal dengan panggilan akrab H. Irul ini, hidup adalah pilihan, ketika harus memutuskan sesuatu dengan segala resiko dan konsekuensinya, maka harus dijalankan penuh tanggung jawab secara maksimal dan totalitas. “Saya sebenarnya lahir dari keluarga yang mayoritas pegawai atau birokrat, di keluarga hanya saya yang terjun ke politik, dan langkah ini harus ditempuh ketika saya ingin totalitas di jalur ini. Dan ketika memutuskan keluar sebagai pegawai, juga ingin memberikan pembelajaran bagi yang lain,” kata Irul dalam wawancara khusus dengan Local1News, Sabtu (4/8/2018).

Sebenarnya kata dia, politik bukanlah sesuatu yang asing, karena beberapa kali dipercaya sebagai pengurus organisasi sayap sebuah partai politik dan organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cilegon. Saat ini Irul diamanahi sebagai Ketua DPD Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kota Cilegon. Sosok Irul dikenal sebagai pribadi rendah hati dan pandai bergaul dengan semua kalangan, dan sikap inilah yang membuat disegani teman-temannya selama berorganisasi maupun di lingkungan kerja sebelumnya.

Setidaknya menurut putra mantan Sekda Provinsi Banten periode 2002-2007 Chaeron Muchsin, pengalaman lapangan selama berorganisasi menjadi dasar aktivitas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Dengan maju sebagai calon legislatif saya merasa lebih maksimal untuk berbuat demi masyarakat,” tekad pria kelahiran Serang, 11 Juli.

Menurut bapak tiga anak ini, support dan dukungan keluarga menjadi penyemangat yang tidak bisa tergantikan oleh apapun, terutama dari sang ayah yang birokrat tulen. “Alhamdulillah keluarga sangat men-support terutama orangtua  yang berpengalaman sebagai birokrat selama 37 tahun di Banten. Insya Allah saya sangat ingin mendedikasikan diri kepada masyarakat khususnya Kota Cilegon, ya  mudah- mudahan bisa bermanfaat,” Chaerullah mengakhiri obrolan. (*/adv/aka-L1N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *