Bahas Sinergisitas Program, PPSI Sowan ke Disparbud Kota Cilegon

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Untuk mewujudkan visi misinya, Persatuan Persilatan Indonesia (PPSI) Kota Cilegon bersilaturahmi membangun sinergi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon, Senin (1/3/2021).

Ini juga terkait dengan program kerja PPSI ke depan, terutama dalam pengembangan seni budaya persilatan. Demikian dijelaskan Sekretaris PPSI Kota Cilegon, Rahmat.

Dikatakan Penasehat PPSI Nawawi Sahim, pengembangan dan pelestarian budaya pencak silat di Kota Cilegon harus lebih maju dan hidup kembali sebagai Jati diri budaya wong Cilegon. “Kondisi seni budaya di Cilegon sebelumnya sangat memprihatinkan, perlu adanya pembenahan. Untuk tahun ini programnya harus jelas agar anggarannya ter-cover APBD,” kata Nawawi didampingi Sekretaris PPSI Kota Cilegon, Rahmat.

Sementara itu Kepala Disparbud Kota Cilegon, Mahmudin menambahkan, kunjungan PPSI ini menambah khasanah budaya khususnya di Kota Cilegon. “Beberapa waktu lalu kami sangat kesulitan ketika menyusun program pokok- pokok kebudayaan karena belum banyak yang terdaftar dan ternyata banyak sekali para pelaku seni budaya, ini anugerah,” terangnya.

Ke depan Mahmudin berharap ada sinergisitas, seiring dengan adanya kepemimpinan baru di pemerintahan Kota Cilegon. “Dengan Wali Kota Cilegon yang baru secara otomatis Cilegon baru, Cilegon modern dan bermartabat, bisa kita wujudkan, kalau seniman ya dari sisi keseniannya,” kata Mahmudin.

Dijelaskan Mahmudin, organisasi persilatan di antaranya IPSI yang pembinaannya melalui KONI dan Dispora karena lebih condong pada olahraga prestasi, dan yang baru terbentuk adalah PPSI yang pembinaannya melalui Disparbud. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *