BASARNAS Banten Terima Bantuan Kapal Evakuasi

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Provinsi Banten yang secara potensi demografi sangat strategis, dengan tersedianya pulau dan garis pantai panjang memiliki sejuta potensi sebagai wilayah rawan bencana. Dengan upaya menanggulangi dan meminimalisasi kebencanaan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Provinsi Banten menerima bantuan armada laut jenis KN 247, yang diresmikan di Pelabuhan Indah Kiat, Pulo Merak, Kota Cilegon, Senin (14/06/2021).

Kepala BASARNAS Marsekal Madya Henri Alfiandi mengatakan, penambahan armada laut ini bertujuan meminimalisasi potensi bencana dan membantu proses ketika evakuasi khususnya di wilayah perairan laut Banten. “Kita melihat potensi bencana di Banten ini ada, untuk itu perlu memperkuat sarana dan prasarana supaya kita di Banten ini bisa confidence (percaya diri) dan siap menghadapi bencana. Kapal tersebut dibeli dari salah satu perusahaan galangan kapal di Batam yaitu PT. Palindo Marine,” ujar Henri.

Henri juga mengatakan, untuk armada laut ini bisa mengevakuasi sekitar 50 korban dengan 15 tenaga ABK profesional. “Untuk spesifikasi kapal bisa mencapai kecepatan 29 knot, serta memberi pertolongan apa bila terjadi kebakaran kapal di tengah laut. Untuk peralatannya sudah menggunakan digital AIS (Automatic Identification System) untuk mencari data koordinat lokasi korban,” jelasnya.

Sementara itu anggota Komisi V DPR RI Dapil Banten TB Haerul Jaman mengungkapkan, untuk personal dan peralatan Basarnas belum tergolong mumpuni, namun pihaknya akan terus men-support program dari Basarnas. “Kami dari kawan-kawan Komisi V akan terus men-support berbagai hal yang dibutuhkan Basarnas mulai sarana dan prasarana,” jelasnya. (ihsan-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *