Binaan MPC PP Cilegon, Hasil Karya Warga Lapas Tidak Kalah Berkualitas dengan Produk Luar

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Menindaklanjuti kerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cilegon, MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Cilegon melakukan pemantauan langsung hasil karya pembinaan dan pengembangannya, di Workshop Lapas Cilegon, Krotek, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Jumat (13/3/2020).

Hadir dalam kunjungan Wakil Ketua I MPC PP Kota Cilegon Andromeda Kaking, Ketua Bidang Pengembangan Daerah Pamungkas Umar, serta perwakilan lembaga yang bernaung di MPC PP Kota Cilegon Srikandi PP dan Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma).

Sekretaris MPC PP Kota Cilegon Eka Wandoro Dahlan, mengatakan, kunjungannya kali ini adalah tahapan bentuk tindak lanjut dari MoU dengan Lapas. “Agendanya adalah mensurvei lebih detail lagi terhadap potensi-potensi yang bisa dikembngkan oleh warga binaan di dalam lapas,” ujarnya.

Pihaknya juga mengaku dibuat kaget sekaligus kagum setelah melihat langsung kegiatan workshop di dalam Lapas. “Hasil karya warga binaan tidak kalah dengan produk dari luar. Kreativitas mereka sungguh luar biasa, kita bisa melihat hasil karya yang dihasilkan ini sangatlah berkualitas, mulai dari kerajinan tangan, mebel, sampai bidang tata boga, bisa diadu kualitasnya dari para pelaku bisnis serupa di luar sana. Hasil produknya ini juga sudah kita pasarkan di beberapa tempat, yang kita harapkan dapat bernilai ekonomis,” terangnya.

Ketua Bidang Pemgembangan Daerah MPC PP Cilegon Pamungkas Umar menambahkan, lembaganya juga memberikan bantuan mesin bordir sebanyak 3 unit untuk warga binaan. “Kita juga akan akan membuat peternakan  10.000 ekor ayam potong yang nantinya dikembangkan dan dikelola oleh para napi di Lapas ini. Terpenting adalah bagaimana kita terus memberi semangat kepada saudara-saudara kita ini untuk tetap semangat berkarya dan tidak padam kreativitas sehingga ketika mereka kembali ke tengah masyarakat tidak timbul rasa minder, tetapi sudah bisa langsung memberikan kontribusi positif,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, MPC PP Kota Cilegon telah menjalin kerja sama dengan Lapas Kota Cilegon, di antaranya pembinaan keterampilan, pemberian motivasi fasilitas bimbingan kerja hingga pemasaran produk yang dihasilkan oleh para napi. (*/ris/abyan-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *