Digagas Sejak 2014, Berdayakan Masyarakat Warnasari dengan Bank Sampah Janur Hijau

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Warga Perumahan Taman Warnasari Indah (TWI), Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil memang kreatif. Salah satunya adalah mempelopori pengelolaan sampah dan lainnya dengan membentuk komunitas “Bank Sampah Janur Hijau” yang digagas sekitar tujuh tahun silam.  Wadah ini dibentuk untuk memberdayakan masyarakat sekitar tetap produktif terutama di masa pandemi saat ini. Melalui beberapa program pemberdayaan mulai dari pengelolaan sampah anargonik, budidaya lele, pembuatan pupuk kompos, dan budidaya tanaman obat keluarga.

Seperti dikatakan Ketua Bank Sampah Janur Hijau, Bambang Nurdiantoro, kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan potensi serta memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kreativitas terutama di masa pandemi. “Berdiri sejak 2014, bank sampah ini telah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar. Program yang sedang berjalan sangat membantu masyarakat, seperti budidaya lele di lingkungan sebanyak 9 wadah, kemudian 100 tong sampah yang tersebar di masing -masing rumah warga. Harapannya budidaya lele ini bisa dilakukan seluruh warga, nanti kita yang fasilitasi, dan masih banyak lagi program yang sedang kita lakukan,” jelas Bambang Nurdiantoro, Kamis (27/5/2021).

Senada dengan Bambang, Aep Saepudin Ketua RW 06 Perumahan TWI. Menurutnya, kegiatan bank sampah sangat bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Target kegiatan ini memotivasi masyarakat tetap produktif, bekerjasama, dan mengedepankan kesadaran kebersihan lingkungan, semoga bisa menjadi kampung percontohan bagi wilayah lain. Pada tahun 2020 Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan Juara I Lomba Bank Sampah tingkat Kota Cilegon, harapannya menjadikan masyarakat terus berinovasi dan berkreasi untuk lingkungan yang bersih. Selain itu juga ada program yang bekerjasama dengan TNI/Polri yaitu Kampung Tangguh yang menjadi garda terdepan dalam penanganan di masa pandemi,” beberAep.

Di tempat yang sama, Kasi PM Kesos Kelurahan Warnasari, Asmawati, mengatakan, kegiatan yang digagas warganya berdampak positif terutama bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Apalagi kata dia, program dibuat berkesinambungan. “Kami terus mendukung kegiatan yang dilakukan masyarakat demi terwujudnya lingkungan yang aman, nyaman, dan damai. Program -program yang dilakukan sangat membantu masyarakat untuk memberdayakan kreativitas mereka. Harapannya, pemerintah dan pihak terkait lain seperti dari perusahaan bisa membantu untuk mewujudkan program yang sudah berjalan,” tandasnya. (ihsan-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *