DP3AKB Cilegon Gagas Program Perusahaan Sahabat Anak

CILEGON,LOCAL1NEWS.ID- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon, Heni Anita Susila, menegaskan, pihaknya sedang menggagas program Perusahaan Sahabat Anak. Ini adalah program pertama kali di Indonesia, dan Kota Cilegon sebagai kota industri berpotensi untuk menjalankan program ini, sehingga bisa menjadi percontohan daerah lain.

Program Perusahaan Sahabat Anak bisa memanfaatkan program bina lingkungan atau corporate social responsibility (CSR) yang ada di masing-masing perusahaan, yang dialokasikan khusus untuk pendidikan anak. “Kita buatkan wadahnya dulu, untuk mengajak perusahaan-perusahaan yang peduli dengan anak – anak,” papar Heni, di sela acara Forum Lintas DP3AKB, di Aula Hotel  Sari Kuring Indah (SKI), Rabu (13/2/2019).

Kegiatan ini mengundang perwakilan OPD, ormas, organisasi wanita, PT. Krakatau Posco, PT. ASDP Indonesia Ferry Merak, lembaga perlindungan anak, dan komunitas lainnya.

Wanita yang biasa dipanggil Bunda ini optimistis, program yang sedang digagasnya akan mendapat respons yang positif dari perusahaan-perusahaan, dengan mengajak mereka untuk lebih peduli terhadap anak-anak, terutama pendidikan dan kebutuhan lainnya. “Kita akan terus sosialisasikan,” paparnya.

Lanjut Heni, pemenuhan hak-hak anak di Kota Cilegon bisa terpenuhi, jika ada fasilitas ruang publik yang ramah anak, sekolah ramah anak, dan puskesmas ramah anak. “Untuk sekolah, baru ada beberapa yang sudah mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak seperti SMPIT Raudhatul Jannah, SMPN 6 Cilegon, SMAN 5 Cilegon, dan SDN Kebon Dalem. Kita inginnnya di Kota Cilegon semua sekolah ramah anak, di puskesmas minimal ada ruang untuk menyusui, dan tempat bermain anak,” ungkapnya.

Pihaknya juga menilai, Taman Layak Anak yang berlokasi di Simpang Tiga Cilegon, belum terkategori taman yang layak anak karena masih ada fasilitas-fasilitas yang belum terpenuhi.(hasidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *