FGD Disparbud Kota Cilegon, Seniman dan Budayawan Harus Kompak

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID – Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon menggelar Forum Group Discussion (FGD) yang diikuti puluhan seniman dan budayawan se- Kota Cilegon, Selasa (15/12/2020).

Kepala Disparbud Kota Cilegon Mahmudin mengatakan, kegiatan FGD bagian dari sarana menyerap aspirasi para pelaku budaya dan penggiat seni di Kota Cilegon. Kata dia, untuk memajukan seni budaya Kota Cilegon butuh kebersamaan dan kekompakan setiap komunitas maupun lembaga. “Banyak kebudayaan di Cilegon ini yang bisa kita gali dan kembangkan misalnya dalam resepsi pernikahan ada namanya ngarak pengantin, buka pintu, dan juga tata rias pengantin seperti apa, dan dikembangkan sesuai masanya sehingga lebih menarik,” kata Mahmudin.

Kemudian ada seni rupa tak benda atau peninggalan sejarah tak benda seperti kuliner khas seperti sate bebek Cibeber yang harus dinarasikan. “Soal pengembangan kebudayaan adalah tanggung jawab masyarakat semua, dan pemerintah harus hadir pada setiap kegiatan budaya di masyarakat sehingga semuanya sinergi,” terangnya.

Lanjutnya, selain komunitas dan masyarakatnya yang harus kompak, OPD yang di jajaran pemerintah juga harus kompak mendukung. “Misalnya kalau ada event Dishub hadir dengan pengamanan lalu lintasnya, Pol PP dengan keamanannya, Diskominfo dengan promosinya, dan dinas lain sesuai tupoksinya. Intinya kita harus kompak,” kata Mahmudin.(hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *