Ikuti Refill Challenge, Ayo Kurangi Penggunaan Plastik Minuman di Cilegon

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Aktivis lingkungan asal Jombang Wetan, Kota Cilegon, Waliyuddin, menginisiasi  gerakan Refill Challenge, dengan tujuan mengurangi penggunaan plastik di masyarakat.

Waliyuddin menilai plastik masih menjadi masalah besar dan mendesak. Kata dia, secara nasional setiap tahun terdapat 64 juta ton sampah plastik. Tidak hanya itu, Indonesia menempati peringkat ke-2 penghasil sampah plastik di lautan.

“Dampak dari masalah sampah ini sangat serius, faktor yang sangat signifikan adalah plastik sekali pakai. Jika tidak teratasi, plastik ini akan terurai menjadi ukuran mikro yang mengancam eksistensi manusia dan hewan lainnya,” papar Waliyuddin kepada LocalNews, Kamis (4/3/2021).

Pemuda lulusan Teknik Kimia Universitas Semarang ini menggagas Envilibrium, sebagai tempat edukasi terkait penggunaan plastik khususnya di Cilegon, fokus pada 3R : Reuse, Refill and Reduce. “Saat ini Envilibrium sedang menggalakkan “Refill Challenge”. Refill Challenge merupakan tantangan bagi orang yang berani untuk membeli minuman apa saja seperti minuman sachet di warung, thai tea, aneka jus, dan es kopi dengan menggunakan botol minum sendiri atau tumbler. Kemudian peserta tantangan ini mengunggah foto dan caption menarik di Instagram agar semakin banyak orang yang tahu. Dua post terbaik akan mendapatkan pulsa/go pay/ovo sebesar Rp 100.000,” jelas Waliyudiin yang juga penulis ini.

Waliyuddin mengatakan tantangan ini bertujuan untuk mengubah mindset orang tentang plastik sekali pakai dan mulai membiasakan diri untuk menyediakan botol minum khusus untuk jajan minuman.

“Untuk info lebih lanjut terkait Refill Challenge bisa mengunjungi ig : @envilibrium. Harapannya masyarakat Cilegon lebih peduli terkait plastik sehingga lingkungan dan lautan khususnya menjadi lebih bersih untuk generasi selanjutnya,” tutupnya. (ihsan-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *