Ini Pesan Thabib M Adam Selama Masa Pandemi Covid-19

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Secara perspektif ilmu pengobatan tradisional, menghadapi masa pandemi Covid-19 yang paling utama adalah memperkuat imunitas (daya tahan tubuh), salah satunya dengan berpola pikir positif, karena di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Kemudian asupan makanan sehat, sehat bukan berarti yang paling enak dan mahal namun gizi yang seimbang. Demikian dijelaskan  salah satu pakar pengobatan tradisional Thabib M Adam (TMA), di tempat prekteknya, di Lingkungan Seneja, Sukmajaya, Jombang, Kota Cilegon, Minggu (13/9/2020). Lanjutnya, olahraga dan berjemur di bawah sinar ultraviolet secara teratur juga penting untuk menjaga stabilitas tubuh, yakni antara pukul 06.30 WIB- 09.00 WIB.

TMA mendukung sepenuhnya program pemerintah seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB). “Terpenting adalah mengingatkan orang terdekat kita saja dulu,” TMA menjelaskan.

Diakuinya, selama masa pandemi Covid-19 ini, setiap hari di tempat prakteknya ramai dikunjungi pasien. “Banyak masyarakat mencari obat-obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh mereka, karena herbal sesungguhnya bukan untuk anti nyeri atau antibiotik tetapi bagaimana bisa memperkuat daya tahan tubuh. Seperti minuman jahe merah, sereh, madu, gula aren, dan lainnya. Kenaikan grafik kunjungan pasien selama pandemi Covid-19 ini sekitar 20 persen, mungkin juga ada pengaruhnya dari ditutupnya beberapa fasilitas kesehatan,” beber pria yang dikenal ramah ini.

Pihaknya selektif dengan kehadiran pasien, jika pasien ada gejala demam tinggi, batuk, sesak nafas, atau riwayat gula dengan kondisi fisik tidak memungkinkan, yakni akan dirujuk ke pelayanan kesehatan. Ini sesuai Permenkes Nomor 16 tahun 2018 dan PP 103 tahun 2004 yang mengatur jika ada pasien yang tidak bisa ditangani secara tradisional maka harus dirujuk ke sarana pelayanan kesehatan terdekat. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *