Kemenpar Siap Gelontorkan Rp 1,5 M untuk Festival Tanjung Lesung 2019

PANDEGLANG,LOCAL1NEWS.ID – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Pandeglang Irna Narulita meresmikan Festival Tanjung Lesung, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kampung Cikadu Indah, Desa Cikadu, Kabupaten Pandeglang, Jumat (28/9/2018).

Arief Yahya mengatakan, Festival Tanjung Lesung dan Pasar Digital Berbatik Cikadu menjadi trending topic nasional dan telah menjadi kalender event nasional. Untuk itu, Kementerian Pariwisata siap mensponsori Festival Tanjung Lesung 2019 nanti dengan menggelontorkan dana bantuan Rp 1,5 miliar.

Menpar juga menjelaskan, untuk menunjang kawasan wisata bahari Tanjung Lesung, Kemenpar juga tambahnya sudah membuat buffer zone penunjang. Seperti di daerah Cikadu, dibuat kawasan bisnis wisata penunjang seperti homestay dan kerajinan. Termasuk untuk pengembangan sumber daya lokal, menurutnya, pemerintah menyediakan pelatihan bisnis dan hospitality bagaimana menghadapi wisatawan. Serta skema pemberian Kredit Usaha Rakyat bagi warga. “Tidak usah khawatir itu akan disediakan pemerintah,” katanya.

Untuk mendukung pariwisata kelas dunia, Arief menambahkan, akses menuju lokasi harus kelas dunia, salah satunya harus punya bandara sendiri. “Wisman tidak akan mau berwisata dan harus menempuh jarak lebih dari 2 jam. Untuk akses, saat ini akan segera terwujud jalan tol (Serang-Panimbang), selanjutnya reaktivasi kereta api, selanjutnya bandara,” terangnya.

Senada dengan Menpar akan pentingnya aksesibilitas bagi pariwisata, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, dalam kesempatannya meminta kepada Menpan untuk mengusulkan kembali  pembangunan Bandara Panimbang yang saat ini terhapus dari 10 proyek strategis nasional. Karena menurutnya, sektor pariwisata telah nyata memberikan dampak signifikan bagi ekonomi daerah. “Kami meminta agar Bandara Panimbang bisa diusulkan lagi Pak Menteri. Ini akan jadi stimulan bagi potensi wisata di Banten lainnya,” terang Andika. (*/aka-L1N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *