Kunjungi Jhon Stable di Cikerai Cibeber, Wisata Edukasi Berkuda dan Memanah Sesuai Sunah

CILEGON,LOCALNEWS.id – Jhon Stable merupakan  wahana berkuda dan memanah yang berlokasi di Jalan Cikerai, Lingkungan Sambidongko, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon,  secara resmi dibuka pada Sabtu (28/12/2019). Area Jhon Stable seluas 4.500 m2 berlokasi sekira satu kilometer dari Jalan Aat-Rusli atau Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon. Wahana ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB- 17.00 WIB, kecuali Jum’at  buka mulai pukul 13.00 WIB- 17.00 WIB. Jhon Stable menyediakan sebanyak 9 ekor kuda. Selain berkuda dan memanah, Jhon Stable juga menyediakan delman yang bisa digunakan pengunjung berkeliling area.

Jhon Stable diadopsi dari nama sang owner, Joni Irawan, sedangan stable berarti kandang atau wahana.

Seperti dijelaskan Joni Irawan, dengan dibukanya Jhon Stable diharapkan bisa mengedukasi para generasi muda muslim supaya bisa berkuda dan memanah sebagai upaya untuk menjalankan sunah Rasulullah SAW. “Di sini kita bisa belajar dengan mudah dipandu ahli yang profesional,” tegas Joni.

Beberapa program yang sudah dibuat di antaranya program gratis berkuda dengan syarat tadarus Alquran satu juz. Untuk yang berbayar tiket sendiri dua putaran bertarif Rp 30.000,-. Untuk waktu 30 menit ditarif Rp 100.000,- atau 45 menit Rp 150.000,-. Tarif ini dipastikan lebih rendah dibanding aktivitas serupa di kabupaten/kota lain di Banten.

Untuk memanah ia berharap untuk klub/komunitas panahan bisa berlatih Jhon Stable, dengan tarif yang masih bisa dinegosiasikan. “Kita sedang mempromosikan agar siswa TK, PAUD, SD, SMP, SMA, komunitas, dan lainnya bisa berkunjung dan teredukasi dengan hadirnya Jhon Stable. Ada pemandu atau guide yang akan menjelaskan setiap wahana, tarifnya pun murah hanya Rp 35.000,-  all in,” jelasnya.

Ada juga program ekstrakurikuler sekolah atau pondok pesantren, yakni pihak Jhon Stable yang mendatangi dan membawa kuda ke sekolah maupun pondok pesantren, dengan menggunakan paket 4 kali pertemuan ditarif Rp 200.000 per bulan. Untuk kudanya kita lihat jumlah siswa atau santri agar disesuaikan dengan waktu yang tersedia di sekolah atau ponpes tersebut. “Intinya orang berniat saja dulu di sini untuk berkuda dan memanah, tarifnya masih bisa kita negosiasikan,” kata Jhon.

Kesempatan yang sama, Camat Cibeber Noviyogi Hermawan mengatakan, pihaknya sangat mendukung hadirnya Jhon Stable sebagai upaya untuk mengembangkan wisata di wilayahnya. “Wilayah Cibeber merupakan desa wisata dalam tata ruang wilayah Pemerintah Kota Cilegon. Kepada investor atau pengusaha berharap bisa mengembangkan wisata di sini dan dinas terkait juga lebih giat mendampingi. Kalau camat sebagai pembina kewilayahan terus mendukung,” paparnya, seraya mengajak masyarakat untuk berkunjung di Jhon Stable sebagai wahan edukasi dan rekreasi masyarakat. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *