Lomba Pidato Disparbud Cilegon, Biasakan Bebasan Sejak Dini

CILEGON,LOCAL1NEWS.ID- Untuk mendorong efektifnya tradisi penggunaan Bahasa Jawa Cilegon Bebasan, Dinas Pariwisata Seni Dan budaya (Disparbud) Kota Cilegon, menggelar Lomba Pidato Bebasan diikuti 36 pelajar putra dan putri, di Aula Inspektorat Kota Cilegon, Rabu (29/8/2018).

Dijelaskan Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kota Cilegon Tini Suswantini, dimulai sejak dini atau anak usia sekolah, pihaknya mengajak masyarakat untuk terus melestarikan Bahasa Jawa Cilegon bebasan. “Minimal mereka mengetahui, mengerti pelafalannya. Sekaligus kami ingin mengetahui juga sejauh mana perkembangan di masyarakat khususnya di kalangan pelajar,” papar Tini.

Kata dia, Perda Nomor 58 tahun 2017 tentang Pemanfaatan dan Pengembangan Bahasa Cilegon (Bebasan) belum lama disahkan namun antusiasme masyarakat untuk mengimplementasikan cukup baik, seperti keharusan program Kamis Bebasan.

Respon yang positif terutama di kalangan pelajar, saat ini ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan pelajaran bebasan sebagai muatan lokal (Mulok) di sekolah sebagai pendidikan karakter. “Kewenangan tentang kurikulum memang Dinas Pendidikan, namun kami dari Disparbud terus mendorong agar pelajar yang berdomisili di perkotaan juga tetap mengenal bahasa ibu asli Cilegon,” paparnya. Selain Perda Bebasan ke depan pihaknya berkeinginan ditetapkan juga Perda Pakaian Adat Cilegon. (adv/hasidi-L1N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *