Makna Kemerdekaan di Mata Rosyid Haerudin: Sukses Tak Harus Menjatuhkan yang Lain

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Momentum peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini, di mata politisi senior Rosyid Haerudin adalah bentuk perlombaan dalam hal kebaikan, apalagi saat ini terjadi musibah pandemi Covid-19. Tentunya kata dia, tentunya terlebih dahulu harus mendahulukan kebaikan terhadap sesama manusia.

Lanjut Rosyid, peringatan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, selain pandemi Covid-19 juga pada tahun ini akan dilaksanakan Pilkada Kota Cilegon yang harus berjalan baik dan damai. “Jangan ada hal – hal negatif yang tidak kita inginkan, jangan ada kata saling menjatuhkan, kita harus saling menghargai meski berbeda pilihan, sukses bersama tanpa harus menjatuhkan yang lain,” jelas Rosyid kepada LocalNews.co.id, Rabu (19/8/2020)

Kata dia, merdeka dari penjajah sudah terlewati sejak 75 tahun silam, tetapi merdeka dari segala hal lain adalah perlu kebersamaan. “Termasuk memerdekakan kawan dengan lebih menghargai sikap – sikap kawan yang mungkin berbeda pilihan, berbeda dukungan itu juga bagian dari cara memerdekakan kawan – kawan kita,” bebernya.

Rosyid berpesan tetaplah naik pada jenjang – jenjang yang kita inginkan tanpa harus menginjak atau membunuh api cahaya orang lain. “Jadilah kita bersinar pada cahaya yang lebih terang tanpa harus membunuh cahaya api orang lain. Jangan saling menyalahkan. Menilai kekurangan orang lain hanya untuk kita merasa lebih, karena Allah sudah berkehendak pada garis yang sudah menjadi ketentuannya, kalau dalam bahasa agama kan ada Maqom Tajrid ada Maqom Kasab. Minimal kita menghargai diri kita sendiri maupun orang lain, itu juga satu bentuk memaknai kemerdekaan bangsa ini,” Rosyid panjang lebar. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *