Menikmati Hamparan Laut Selat Sunda dari Bukit Teletubbies Suralaya, Yakin Enggak Penasaran?

PULOMERAK,LOCALNEWS.CO.ID- Sesekali boleh lah kita berkunjung ke Bukit Kembang Kuning atau dikenal dengan Bukit Teletubbies untuk sekadar menghirup udara segar melepas penat atau bisa juga berniat berolahraga mendaki atau hiking. Bukit ini berlokasi di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Bukit Teletubbies kini sudah menjadi destinasi wisata alam baik bagi masyarakat sekitar maupun luar daerah untuk menikmati pemandangan keindahan alam.

Seperti diakui Supriadi, warga Kota Serang, sengaja berkunjung ke Bukit Teletubbies setelah mendapat informasi dari sejumlah teman dan media sosial. ”Setelah melihat langsung ternyata alamnya masih asri dan udara yang segar,” katanya saat ditemui di Bukit Teletubbies, Selasa (23/2/2021).

Bukit Teletubbies kata dia, memiliki keunikan tersendiri. “Kalau keseharian kita disibukkan dengan kepadatan aktivitas pekerjaan, maka ketika berekreasi di puncak Teletubbies semua kepenatan bisa hilang dan menjadi terhibur,”jelasnya.

Beberapa pengunjung lainnya mengaku sengaja berolahraga hiking. Dari lereng bukit menuju puncak dibutuhkan waktu sekira 30 menit dengan berjalan kaki. Lelah setelah menempuh perjalanan terbayarkan dengan melihat pemandangan hamparan laut Selat Sunda dari atas bukit.

Untuk menikmati wisata alam berjarak 23 km dari pusat Kota Cilegon ini, tidak harus merogoh kocek banyak. Pengunjung hanya diminta jasa parkir Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Menurut salah satu warga sekitar Habibi Haliburton, secara ekonomi keberadaan Bukit Teletubbies telah memberikan nilai manfaat terutama bagi masyarakat sekitar, seperti meningkatnya kesempatan usaha dan menyerap tenaga kerja.

Kata Habibi, nama asli bukit ini adalah Bukit Kembang Kuning sesuai dengan nama perkampungan tepat di sebelah bukit. “Belakangan, karena bentuknya yang runcing dan kemiringan hampir 45 derajat, mirip dengan bukit di film anak-anak Teletubbies, warga menjulukinya dengan nama serupa,” kata Habibi.

Secara terpisah, terhadap pengembangan wisata alam ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Mahmudin mengatakan, pihaknya akan mengembangkan bersama Bukit Cipala, Bukit Ciporong, dan Batu Lawang. “Masih banyak lagi kalau mau melihat wisata alam di Kota Cilegon. Ada potensi pegunungan yakni Bukit Teletubbies, Bukit Cipala, Bukit Ciporong, Bukit Batu Lawang, Bukit Kedurung. Itu semua potensi wisata yang perlu dikembangkan,” kata Mahmudin. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *