Pendekar Cilegon Kumpul Gagas Bentuk PPSI, Klaim Bukan Saingan IPSI

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID – Sejumlah pelaku dan pelestari persilatan di Kota Cilegon menggagas terbentuknya Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Cilegon. Gagasan ini terungkap dalam Silaturahmi Bersama Tokoh Pendekar dan Peguron Kota Cilegon dan Sosialisasi PPSI, di Hotel Gondang, Cilegon, Rabu (17/2/2021) malam. Para penggagas PPSI mengklaim bahwa organisasinya adalah bukan tandingan atau saingan organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Dikatakan Rahmatullah, sebagai salah satu penggagas, sebelumnya pada beberapa tahun silam PPSI telah terbentuk, tepatnya dibentuk pada tanggal 17 Agustus 1957, dan di Provinsi Banten sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2019.

Rahmatullah juga menegaskan, pembentukan PPSI Kota Cilegon tidak terkait dengan adanya pro kontra Muskot IPSI Kota Cilegon, yang sepekan sebelumnya digelar. “Tidak ada kaitannya dengan digelarnya Muskot IPSI Kota Cilegon. Yang jelas kami hanya berharap para pelestari budaya persilatan ini tidak lagi terkotak – kotak,” jelas Rahmat.

Dalam kesempatan yang sama, pemerhati budaya persilatan Aldin, menambahkan, hadirnya PPSI justru akan menambah warna baru bagi dunia persilatan di Kota Cilegon, sekaligus solusi pemersatu untuk kemajuan budaya persilatan di kota ini. “Prioritas awal yang akan kami lakukan adalah membina SDM agar tidak tertinggal atau bisa seiring sejalan dengan perkembangan industri Kota Cilegon yang modern yang merupakan jargon Wali Kota Cilegon terpilih. Dan sebagai bentuk sinergisitas, tentu kami akan menyambut hangat Wali Kota Cilegon yang baru,”Aldin menandaskan.(hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *