PPSI Cilegon Gairahkan Ekonomi Anggota

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- DPD Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Cilegon selain melakukan fungsinya sebagai organisasi seni budaya persilatan, juga memberdayakan ekonomi untuk anggotanya. Demikian ditegaskan Ketua DPD PPSI Kota Cilegon Aldin, usai bersilaturahmi bersama Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, di Markas Besar DPD PPSI Cilegon, Sabtu (18/9/2021). Hadir Dewan Penasehat PPSI Kota Cilegon Nawawi Sahim, dan para ketua dan perwakilan DPC PPSI se-Kota Cilegon.

Kata Aldin, PPSI mengajak anggota untuk melakukan kemandirian ekonomi, seiring dengan cita – cita pemerintah daerah yang sedang mengembangkan geliat UMKM. Pihaknya saat ini sedang mengembangkan  pertanian palawija, peternakan puyuh, pupuk kompos, budidaya lele dan bebek Peking. Lanjutnya, istilah pencak silat ditafsirkan dengan pencaharian dan silaturahmi. “Hadirnya PPSI untuk penyempurnaan dari rekan – rekan yang terdahulu. Jangan sampai PPSI jual budaya, atau bawa- bawa proposal ke industri, tetapi saat ini lebih kepada pemberdayaan ekonomi. Untuk anggota itu harus serius, PPSI jangan sampai nyalinya receh, bahkan yang belum kerja akan kita kader,” bebernya.

Ditambahkan Sekretaris DPD PPSI Kota Cilegon Rahmatullah, pada bagian lain melalui PPSI pihaknya mendorong pencak silat menjadi kurikulum bermuatan lokal untuk sekolah-sekolah. “Diketahui di Kota Cilegon ada tiga aliran yakni bandrong, terumbu, dan Tjimande ketiganya bila disatukan akan lebih menarik,” jelasnya, seraya menambahkan, selain di Kota Cilegon ada 10 padepokan dari Bojonegara, Kabupaten Serang yang bergabung PPSI.

Di tempat yang sama, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku mendukung pemberdayaan ekonomi yang dilakukan PPSI. Helldy menyarankan untuk terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta instansi lainnya

Terkait harapan masuknya pencak silat dalam kurikulum pendidikan sebagai pelajaran ekstrakurikuler, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *