PT. ASDP Merak Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Nataru 2020

MERAK,LOCALNEWS.id- Menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020, PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak,  menyiagakan armada kapal tambahan menjadi 69 unit dari biasanya mengoperasikan 30 unit kapal. “Jadi kita antisipasi lonjakan penumpang lebih dari memadai. Kalau untuk pola seperti biasanya kita berlakukan pola normal, pola padat dan pola sangat padat,” ungkap Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana, dalam kunjungan kerjanya ke Pelabuhan Merak, Kamis (12/12/2019) malam.

Kata Cucu, melihat tahun-tahun sebelumnya, terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. “Karena memang pintu tol Bakauheni dekat sekali dengan loket pelabuhan. Kita akan lakukan rekayasa lalu lintas yang sangat pas terkait dengan laju atau derasnya arus lalu lintas dari jalan tol yang masuk ke pelabuhan, apalagi tadi diinformasikan tol trans Sumatera sudah nyambung hingga Palembang, tadi juga dibicarakan antisipasi lonjakan penumpang pengguna jasa yang arus baliknya ke Jawa,” bebernya.

Lanjutnya, pada pola normal atau reguler diberlakukan jadwal yang digelar biasa, dengan port time sekitar satu jam di setiap dermaga. “Kalau nanti terjadi pemadatan penumpang situasinya padat, kita akan lakukan penambahan. Apa bila terjadi lonjakan lagi port time-nya akan kita percepat dari 1 jam menjadi 45 menit,” tandasnya. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *