Saung Ternak Cikerai Solusi untuk Aqiqah dan Berkurban

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Berdiri sekitar delapan bulan lalu, Saung Ternak yang berdiri di atas lahan seluas 6.600 M2 yang berlokasi di Jalan Cikerai, RT 02/RW 08, Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, sudah dikunjungi ratusan konsumen yang akan beraqiqah dan berqurban. Untuk mencapai lokasi Saung Ternak cukup mudah, sekitar 6 km dari Jalan Lingkar Selatan dan Pasar Waringin Kurung.

Saung Ternak dikelola oleh Muhtar, mantan pengajar salah satu yayasan pendidikan di Banten, memberikan kemudahan berkurban sesuai syariah. Saat ini ada 500 ekor domba yang dikelola Saung Ternak.

Untuk aqiqah harga yang ditawarkan cukup bervariasi antara Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.500.000,- sesuai tipe domba, misalkan domba jantan seharga Rp 1.350.000,- dan domba betina Rp 1.000.000,-. “Bagi kaum muslim jangan khawatir walaupun tidak bisa berkurban di tempatnya kita bisa membantu melaksanakan pemotongan di kandang Saung Ternak sekaligus mendistribusikan di lingkungan kita. Kita juga memberikan sertifikat dan dokumentasi pendistribusian,” kata Muhtar saat ditemui LocalNews.co.id, di Saung Ternak, Kamis (11/6/2020).

Muhtar menjamin domba-domba yang dipeliharanya berkualitas baik dengan harga yang bisa dijangkau masyarakat. Domba yang ada di Saung Ternak sudah memenuhi syarat aqiqah, seperti usia domba di atas 6 bulan.

 Untuk menjalankan usahanya, Muhtar bermitra dengan Agung, mantan pegawai Pertamina di Sumatera Selatan yang banting setir memilih berwirausaha ternak. “Yang melatarbelakangi memilih jadi peternak ini bahwa sebagai anak muda jangan selalu berpikir untuk menjadi seorang pegawai selamanya, bagaimana kita lulus dari bangku kuliah bisa berwirausaha menghilangkan gengsi, harus berpikir mempunyai usaha sendiri, apalagi usaha ternak ini merupakan usahanya para Nabi,” jelas Agung.

Di tempat yang sama, Madroji, pengurus kandang, menuturkan, untuk makan ternak berupa racikan kulit kacang kering dicampur dedek atau limbah hasil gilingan padi. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *