Spanduk Tolak Jalur JLU Versi Pemkot Cilegon Bertebaran di Purwakarta

CILEGON,LOCAL1NEWS.ID- Dalam sepekan terakhir sejumlah spanduk terkait rencana pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang dipasang warga bertebaran di beberapa titik jalan di wilayah Kecamatan Purwakarta. Isi spanduk di antaranya terkait penolakan jalur versi Pemkot Cilegon yang akan dilalui JLU karena dinilai banyak merugikan masyarakat dan kurang memiliki nilai ekonomi bagi warga yang dilalui.

Pantauan local1news.id, Senin (3/9/018), spanduk-spanduk tersebar di jalan protokol dan beberapa titik jalan yang rencananya akan dilalui JLU. Dalam tulisannya, si pembuat spanduk sebenarnya mendukung pembangunan JLU, namun menuntut bahwa jalur yang dilalui JLU harus tepat dan memiliki nilai ekonomi khususnya bagi masyarakat kecil dan terisolir.

Menurut salah satu warga, Supriyadi, pihak pemerintah harus merespon adanya tuntutan yang disampaikan melalui spanduk tersebut. “Seharusnya Pemkot Cilegon segera menyikapi, ternyata ada masyarakan yang menolak jalur pembangunan JLU tersebut, jangan terkesan acuh, apalagi jika tujuan pembangunan JLU ini untuk masyarakat, maka jangan bikin mereka merasa dirugikan,” tegas Supriyadi.

Kata dia, pemerintah juga harus transparan dalam segala hal menyangkut pembangunan JLU. “Dalam program pemerintah tentang pembangunan JLU seharusnya pihak pemerintah transparan secara mekanismenya, seperti harga pembebasan lahan dan bagaimana tim penilaiannya, siapa aja yang terlibat dalam tim penilaian tersebut. Termasuk penentuan jalur apakah sudah tepat atau belum, faktanya masyarakat yang jauh dari akses kota tidak terkena jalur tersebut. Jadi wajar ada masyarakat menolak, coba kalau jalurnya dirubah dengan mengutamakan kepentingan masyarakat,” bebernya.

Dicontohkan Supriyadi, ketidaktransparanan harga pembebasan lahan dialami orang tuanya, yang hingga kini belum mengetahui nilai per meternya. “Pembangunan JLU kan sebentar lagi, tetapi orangtua saya tidak mengetahui berapa harga per meter yang akan dibayarkan,” Supriyadi kecewa. (hasidi-L1N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *