Syafrudin Resmi Jabat Wali Kota Serang, Penataan Kota Jadi PR Besar

SERANG,LOCAL1NEWS.ID- Gubernur Banten Wahidin Halim melantik pasangan Syafrudin dan Subadri Ushuludin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang periode 2018-2023.

Pasangan yang memiliki jargon “Aje Kendor” ini untuk pertama kalinya dilantik di Kawasan Situs Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (5/12/2018).

Dipilihnya kawasan ini merupakan keinginan dari Gubernur Banten, dalam upaya menunjukan bahwa Banten Lama memiliki sejarah yang menggambarkan kejayaan Banten pada saat itu. Di mana di lokasi Watu Gilang tersebut, pada saat ini merupakan tempat penobatan (pelantikan) para sultan kala itu.

Wahidin Halim meminta agar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang serius memimpin hingga liima tahun ke depan. Sebagai ibu kota provinsi, kata Wahidin, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. “Penataan kota menyangkut kebersihannya, sarana dan prasarana kota, pendestriannya, air minum, masalah kemacetan. Banyak sekali saya kira PR yang harus dilakukan dalam menjawab tantangan sebagai sebuah ibu kota provinsi,” kata Wahidin.

Menurutnya, dalam menyelesaikan persoalan tersebut tentu Pemkot Serang akan dibantu oleh Pemprov Banten maupun pemerintah pusat. “Pemerintah provinsi juga tentu akan memberikan dukungan dalam bentuk pendirian fasilitas dan infrastruktur kota. Karena memang menjadi kewajiban provinsi karena ini (Kota Serang) bagian dari ibu kota provinsi,” ujarnya.

Wahidin juga berjanji  akan memberikan bantuan keuangan kepada Kota Serang sebagai kewajiban Pemerintah Provinsi Banten. Pihaknya mengaku akan memfasilitasi Kota Serang untuk melakukan pembenahan. Gubernur  mengaku akan segera melakukan pertemuan dengan pihak Pemerintah Kota Serang untuk membahas kebutuhan tersebut. “Nanti kita duduk bareng, kami ingin tahu juga konsep yang ditawarkan Kota Serang. Kita bisa selesaikan bersama-sama,” ujarnya.

Terkait revitalisasi kawasan Situs Kesultanan, Wahidin menjelaskan, saat ini progresnya terus berjalan dan ditargetkan dua tahun ke depan akan selesai. “Nanti kita lanjutkan lagi penataan kota, kita akan bikin di sini (Banten Lama) jadi sebuah kawasan kota. Sudah selesai saya tata dulu baru nanti kita buat regulasinya, kita buat siapa yang akan mengelolanya dengan memerhatikan peran-peraan kezuriyatan dan peran-peran yang ada di sini, nanti kita akan atur,” sambungnya.

Usai dilantik Wali Kota Serang Syafrudin berjanji akan langsung menjalankan tugas, fokus fokus merealisasikan program 100 hari kerja. “Hari kerja pertama adalah mengumpulkan semua OPD untuk mensinkronkan program seratus hari kerja agar semua dapat bersinergi membangun Kota Serang,” tandasnya. (*/aka-L1N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *