TDA Cilegon: Bisnis dan Berbagi Tetap Sejalan

CILEGON,LOCALNEWS.CO.ID- Arief Rahman selaku Ketua Tangan di Atas (TDA) Kota Cilegon mengatakan, komunitas atau himpunan para pengusaha yang dipimpinnya ini terus melakukan motivasi dan eksis di tengah masyarakat. Tidak hanya bergerak dengan bidang usaha, TDA juga rutin melakukan kegiatan atau aksi -aksi sosial kemasyarakatan. “Karena budaya yang berlaku di TDA yakni belajar bisnisnya 100 persen dan berbagi ya 100 persen,” jelas Arief Rahman di sela acara santunan yatim TDA Cilegon, Ahad (9/5/2021).

Lanjut Arief, dalam kegiatan sosial ia juga akan menggandeng organisasi di luar TDA yang mempunyai visi dan misi sama, di antaranya organisasi karang taruna (KT) maupun organisasi lain. “Mereka kan berkegiatan sosial juga tuh, cocok untuk kita padukan, sekaligus memotivasi mereka agar bersama-sama menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha,” jelasnya.

Sementara itu, mantan Ketua TDA Kota Cilegon Abdul Ghofur menambahkan, TDA di Indonesia merupakan komunitas terbesar yang tersebar lebih dari 100 daerah secara nasional. “Kegiatan sosial TDA ini sepertinya tidak putus apalagi saat bulan ramadhan, selain itu juga kita juga pernah membantu korban bencana maupun aksi sosial lainnya,” ujar Ghofur.

Kata pria murah senyum ini, untuk melakukan peningkatan usaha, TDA memiliki program utama yakni Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) bagi pemula yang dibimbing mentor berpengalaman di bidangnya masing-masing, seperti kuliner,  percetakan, jasa kebersihan, fashion, dan lainnya.

Untuk bergabung di komunitas TDA sangat mudah, cukup mengisi data di aplikasi khusus sesuai wilayah masing-masing, dengan biaya keanggotaan Rp 300 ribu untuk masa keanggotaan dua tahun. Dari biaya tersebut, 50 persen masuk kas TDA Cilegon dan 50 persen masuk kas TDA pusat yang biasanya digunakan untuk pelatihan – pelatihan.

Lanjut Ghofur, sampai kini tercatat TDA Cilegon beranggotakan 80 pengusaha. “Kami berharap generasi selanjutnya terus bersinergi dengan pemerintah daerah karena dalam setiap pelatihan yang digelar pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMK Kota Cilegon kita sering dilibatkan,” tandasnya. (hasidi-LN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *